4 Alasan Rambut Beruban di Usia Muda Nomor 3 Mengejutkan

Mungkin anda akan heran bertemu dengan seseorang yang berusia masih sangat muda, dan menurut anda belum layak namun nyatanya di kepalanya sudah ditumbuhi dengan uban. Lazimnya seseorang mulai beruban pada usia sekitar 30-an. Semakin putih warna kulit memiliki kecenderungan untuk tumbuh uban semakin cepat bila dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit yang lebih gelap. Meskipun ini bukan hal yang pasti pula.

Namun saat ini semakin banyak bermunculan kasus di mana uban tumbuh di usia 20-an. Hal ini tentu tidak biasa bagi kebanyakan orang, menurut banyak dermatologis, umum disebabkan oleh dua hal, yakni faktor genetik dan gaya hidup. Khusus untuk yang terakhir disebut, ada empat alasan utama mengapa uban muncul lebih dini di usia 20-an. Apa saja penyebab tumbuhnya uban di usia dini ? Simak beberapa hal di bawah ini.

1. Tingkat stres yang tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas New York pada 2013 lalu menemukan fakta bahwa stres mampu sebabkan pecahnya sel inti pada batang rambut yang mengakibatkan rusaknya folikel dan berujung pada munculnya uban.

2. Kekurangan vitamin

Kemungkinan lain penyebab uban dini adalah kurangnya asupan vitamin B12. Biasanya hal ini berisiko terjadi pada mereka yang kerap mengalami gejala anemia, di mana intensitas peredaran sel darah merah tidak mencukupi sehingga memengaruhi daya serap batang rambut terhadap vitamin B12 sebagai salah satu makanan utamanya.  Vitamin B12 bisa membantu menghitamkan rambut secara alami.

3. Gangguan kesehatan

Pada kasus tertentu, meskipun jarang terjadi, uban kerap muncul akibat dari gangguan kesehatan, seperti salah satunya penyakit tiroid. Selain itu, penyakit auto imun, seperti alopesia dan vitiligo, dapat menyebabkan uban dini. “Auto imun adalah kondisi di mana sel-sel di dalam tubuh menyerang kondisi prima tubuh luar, termasuk rambut, yang kemudian berakhir pada gejala uban dini,” ujar Marie Jihn, dermatologis senior dari Pusat Penelitian Kulit Premier di San Fransisco, Amerika Serikat.

4. Perokok aktif

“Merokok adalah hal terburuk bagi kulit dan rambut Anda,” ujar Marie Jihn. Mengutip beberpaa penelitian ilmiah, Jihn menyebut bahwa merokok sebabkan kulit alami keriput dini yang terjadi bukan hanya di kulit wajah, namun juga kulit kepala. Ketika kulit kepala kering dan muncul ketombe berlebih, maka berpengaruh pada kesehatan batang rambut yang kian kurang mendapatkan nutrisi. Akibatnya, rambut pun mudah rapuh dan berujung pada munculnya uban.

Untuk mengatasi tumbuhnya uban lebih dini selain vitamin juga diperlukan serum penghilang uban yang bekerja secara alami menjaga rambut untuk tetap hitam dan sehat.